Anjuran dan Larangan Ibu Hamil Trimester 3

Anjuran dan Larangan Ibu Hamil Trimester 3! Wah selamat Bunda, Anda sudah berhasil berjuang bersama sang buah hati di dalam kandungan hingga memasuki trimester ketiga. Masa terakhir ini membuat Anda harus lebih peka terhadap respon tubuh pada beberapa hal tertentu. Untuk membantu Anda, berikut beberapa anjuran serta larangan yang harus dilakukan.

Larangan ibu Hamil

Larangan ibu Hamil

Anjuran

Perhatikan Tendangan Bayi

Berbeda bayi, berbeda pula pola serta sifat yang dibawanya. Seiring berkembangnya bayi, jenis dan gerakan yang dilakukan mereka pun akan berubah sesuai dengan ukuran tubuhnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah merasakan gerak bayi dalam rahim.

Jika terjadi perubahan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan, karena kurangnya gerak mungkin menandakan suatu masalah. Sehingga dibutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk menegtahuinya.

Ketahui Cara Merawat Bayi

Walaupun Anda bisa melakukannya jauh-jauh hari, namun apa salahnya mempelajari cara perawatan bayi baru lahir. Saat bayi telah lahir, Anda tidak akan mempunyai banyak waktu untuk membaca dan mempelajari teorinya.

Buatlah Rencana Kelahiran

Rencana kelahiran ini bisa Anda sampaikan kepada dokter atau bidan yang akan menangani persalinan Anda. Sampaikan jenis persalinan seperti apa yang diinginkan. Jika Anda mempunyai ketakutan-ketakutan khusus yang bisa terjadi selama persalinan, sebaiknya Anda konsultasikan hal tersebut. Hal ini agar pihak media bisa melakukan penangan terbaik untuk Anda.

Walaupun pada kenyataanya banyak hal bisa terjadi, namun rancangan ini setidaknya membuat Anda tahu jenis perawatan seperti apa yang akan dilakukan nantinya. Anda pun bisa lebih rileks menjelang masa kelahiran.

Larangan

Mandi Uap

Memikul banyak beban mungkin akan sedikit terkurangi dengan mandi uap. Namun cara ini tidak diperuntukkan bagi ibu hamil, terutama bagi mereka yang telah memasuki trimester ketiga. Suhu internal tubuh bisa berubah sehingga bisa membahayakan keselamatan bayi.

Berhubungan Intim

Walaupun hal ini merupakan salah satu cara membuat suami puas, namun jika kondisi Anda serta kandungan lemah dan mengalami risiko kelahiran prematur sebaiknya hindari hal tersebut. Utamakan keselamatan bayi dalam kandungan Anda di atas hal yang lain. Bicarakan kondisi yang Anda alami pada suami sehingga tidak terjadi kesalahpahaman nantinya.

Mengepel

Pekerjaan rumah yang satu ini mungkin terdengar sepele bila dikerjakan. Akan tetapi bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester 3 dengan perut membuncit, hal ini akan sangat menyusahkan. Selain menyebabkan sakit pinggang juga perut akan tertekan. Jika Anda ingin bergerak aktif, cukup menyapu rumah tanpa mengepel lantai.

Naik Pesawat

Untuk menghindari hal yang tidak terduga selama penerbangan, sebaiknya And amenghindari perjalanan lewat udara tersebut. Hal ini karena di dataran tinggi, oksigen yang dihasilkan sedikit dan tak jarang menyebabkan kesulitan bernafas. Sehingga bayi dalam kandungan Anda bisa sesak napas.

Makan Makanan Berat

Kondisi bayi yang sangat rendah dan menekan pencernaan menjadi satu fakta yang membuat Anda dianjurkan untuk menjauhi makanan berat. Hal ini karena nantinya makanan tersebut membutuhkan proses pencernaan yang sulit. Anda bisa memilih makanan ringan yang dikonsumsi secara berkala untuk memudahkan hal tersebut.

Demikian anjuran dan larangan yang bisa Anda terapkan setelah kehamilan memasuki trimester 3. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar kehamilan, Anda bisa mengunjungi orami.co.id. Teradpat pula artikel tentang parenting yang bisa membantu Anda dalam mengasuh sang buah hati.

shares