Jenis-Jenis Mesin Penyambungan Pipa HDPE

Jenis-Jenis Mesin Penyambungan Pipa HDPE. Seperti yang kita ketahui sebelum-sebelumnya, pipa HDPE adalah pipa yang digunakan untuk berbagai saluran air minum, air limbah dan gas. Pipa ini sudah menjadi favorit di kalangan masyarakat karena memberikan banyak keuntungan kepada penggunanya. Tak hanya tahan lama, tapi juga fleksible, kuat, tidak mengalami korosi, tidak mengandung racun dan lain sebagainya. Pipa yang satu ini sangat mudah ditemukan di distributor atau supplier di Indonesia dengan menawarkan harga pipa HDPE yang bervariatif.

Pipa HDPE

Pipa HDPE

Namun, saat kamu membeli pipa HDPE, tentulah membutuhkan mesin yang dapat menyambungkan pipa-pipa tersebut, agar saluran yang kamu butuhkan terbentuk sesuai keinginan. Seperti jenis pipa plastik pada umumnya, jenis pipa HDPE ini memiliki teknik yang sama dalam penyambungannya. Teknik yang biasanya digunakan adalah dengan cara pemanasan. Teknik penyambungan yang satu ini biasanya menggunakan alat yang dikenal dengan sebutan welding machine.

Mesin penyambung sendiri adalah suatu media penyambung yang tersedia dalam beragam diameter sesuai kebutuhan. Keberhaasilan penyambungan, biasanya dilakukan dengan menggunakan mesin penyambungan saluran yang disesuaikan dengan diameter pipa yang akan disambung. Secara umum, jenis mesin penyambung ini ada dua macam, yaitu type manual dan type hidraulic.

Mesin Penyambung Pipa Hdpe Manual

Sama seperti namanya, mesin penyambung pipa HDPE ini bekerja secara manual, alias menggunakan daya dorong tenaga manusia. Mesin manual ini biasanya dirancang untuk menyambungkan pipa dan fitting dengan sangat sempurna. Sehingga, hasil sambungan yang didapatkannya pun menjadi efisien, rapi dan kuat.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis mesin manual ini, berdasarkan dengan diameter pipa yang hendak di sambung. Yang pertama ada SHDS 160. Mesin yang satu ini mampu menyambungkan saluran  hingga 160 mm. Biasanya satu set mesin ini sudah termasuk mesin penyerut dan juga pemanas dengan tuas pendorong yang dapat digunakan secara manual.

Yang kedua adalah mesin penyambung SHDS 200. Untuk mesin penyambung pipa HDPE yang satu ini mampu menyambungkan pipa ukuran 90 mm samapai 200 mm. Tak hanya itu saja, mesin ini memiliki dua tipe, yaitu dengan 2 clamp dan 4 clamp. Mesin ini juga dilengkapi dengan tuas pendorong, pemanas dua sisi dan alat penyerut.

Mesin Penyambung Pipa Hdpe Hidraulic

Mesin penyambung pipa HDPE hidraulic sering juga disebut dengan mesin penyambung otomatis. Mesin penyambung ini memiliki mesin pendorong hidraulic yang membuatnya tidak perlu lagi memakai mesin manual atau tenaga manusia. Mesin ini dibuat untuk menyambungkan pipa dan fitting dengan sangat berguna.

Mesin jenis ini tersedia dalam beragam kebutuhan diameter, mulai dari ukuran 50 mm sampai 100 mm. Hal inilah yang membuat mesin hidraulic ini memiliki berbagai macam jenis, seperti SDH 250 yang digunakan untuk menyambungkan saluran dengan ukuran 90 mm dampai 250 mm.

SDH 315 yang direkomendasikan untuk menyambungkan pipa dengan ukuran 90 m sampai 315 mm, SDH 450 yang direkomendasikan untuk menyambungkan pipa dengan ukuran 200 mm sampai 450 mm, SDH 630 yang digunakan untuk menyambungkan pipa dengan ukuran 315 mm sampai 630 mm, SDH 800 yang digunakan untuk menyambungkan pipa dengan ukuran 315 mm sampai 630 mm dan masih banyak yang lainnya.

Itulah dua jenis mesin penyambung pipa HDPE yang biasanya tersedia di pasaran.

shares